Format Penilaian Kinerja Pembimbing
KAMI MENYEDIAKAN KUMPULAN PTBK DAN ADMINISTRASI BK MURAH
HUBUNGI KAMI DI
081229751944
HUBUNGI KAMI DI
081229751944
Format Penilaian Kinerja Pembimbing
Format
penilaian kinerja pembimbing ini berfungsi sebagai acuan tim penilai
dari Dinas pendidikan untuk menilai bagus tidaknya kinerja pembimbing.
Nah penilaian itu biasnya didasrkan atas bukti fisik yaitu atas dasar
hitam di atas putih. Jadi administrasi pembimbing harus dilengkapi
selengkap mungkin.
Penilain kinerja pembimbing dilihat dar ibeberapa aspek, yaitu :
1. Tugas Guru Pembimbing
1. Guru Pembimbing hanya
melaksanakan tugas pokok BK
2. Guru Pembimbing, dilibatkan
sebagai koord. Pengembangan diriatau kegiatan ekstra
kurikuler/tugas sebagai PKS.
3. Guru Pembimbing diberi tugas
tambahan menyampaikan materisebagai Guru Mata Pelajaran/guru piket
4. Guru Pembimbing
menangani semua masalah siswa
(tidak adamekanisme/alur penanganan)ABCDEJika indikator 1&2
ygtampak Jika indikator 1 yang tampak Jika indikator 4 yang
tampak Jika 1&3 indikator yangtampak Jika tidak ada indikator
2. Agenda Guru Pembimbing Sehari-hari
1. Guru Pembimbing menulis dalam agenda harian, yaitu tentang
kegiatan BK dan nama-nama siswa yang akan konselingdengan satuan layanan (SATLAN)
2. Guru Pembimbing memiliki agenda harian, tetapi belumdilengkapi
dengan SATLAN3. Guru Pembimbing tidak memiliki agenda harian.
3. Pelaksanaan PelayananLayanan Orientasi
a. Berpijak pada satuan layanan b. Melaksanakan tahap-tahap
kegiatanc. Menggunakan strategi dan media yang efektif d. Dilaksanakan di luar
kelase. Melakukan evaluasi hasil dan prosesf. Pelaporan kegiatang. Tindak
lanjut layanan
a. Berpijak pada satuan layanan b. Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Memberikan informasi yang akuratd. Memperluas wawasan/pemahaman kepada siswae. Dapat menjadi bahan untuk pengambilan keputusan siswa
Melakukan evaluasi hasil dan prosesg. Pelaporan kegiatanh. Tindak lanjut layanan
5. Layanan Penguasaan Konten
a. Berpijak pada satuan layanan b.
Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Siswa mendapat ketrampilan perilaku
barud. Melakukan evaluasi hasil dan prosese. Pelaporan kegiatan
6. Layanan Penempatan dan Penyaluran
a. Membuat proposal program/satlan b.
Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Membuat dan/atau menggunakan angketd.
Menggunakan tes (IQ, bakat,TPA) tstandar e. Melakukan anĂ¡lisis hasil tes
atau angketf. Melakukan prediksi/prognosisg. Melakukan tindak lanjut kepada
siswah.
Siswa dapat menganalisis kekuatan/kelemahan
i. Melakukan sosialisasi hasil tes atau angket kepada stake holder j. Membuat evaluasi hasil dan prosesk. Pelaporan kegiatanl.
7. Layanan Konseling Individual
a. Berpijak pada satuan layanan b.
Melakukan identifikasi konseli dan masalahnyac. Menggunakan teori/teknik
konseling tertentu dan atau eklektik d. Melaksanakan langkah sistematis
(awal, inti, akhir)e. Menggunakan ketrampilan dasar konselingf. Menggunakan
mediag. Melakukan pencatatan perubahan perilakuh. Pelaporan kegiatani
8. Kebermanfaat hasil Layanan Konseling
1. Hasil layanan konseling bermanfaat bagi
konseli didukung oleh pernyataan konseli (terdokumentasikan)2. Hasil layanan konseling
mendukung program-program sekolah (ditunjukkan dengan dokumen pernyataan dari
sekolah)3. Layanan konseling dapat memfasilitasi perkembangan siswa
(ditunjukkan dengan dokumen pernyataan dari orang tua, guru, atau KepalaSekolah)
9. Pengembangan Profesi
1. Guru Pembimbing selalu mengembangkan
wawasan melaluiDiklat/workshop/seminar 2. Guru Pembimbing menjadi
pengurus MGBK tingkat Kota TangSel3. Guru Pembimbing menjadi pengurus ABKIN
tingkat Kota TangSel/Propinsi
Itu diatas adalah beberapa aspek penilaian kinerja pembimbing sedangkan format penilaiannya adalah sebagai berikut :
INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU PEMBIMBING (BIMBINGAN DAN KONSELING)ASPEK PERENCANAAN PELAYANAN
no
|
Indikatoryangterpenuhi
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
||
A. Kompetensi Guru PembimbingLatar Belakang Pendidikan
1. Konselor sekolah (S1 BK/PPB dan PPK)
2. Berpendidikan S1 BK dan/atau Psikologi Pendidikan
3. Berpendidikan Psikologi atau lainnya, dan sudah
mengikutidiklat BK 180 jam
4. Berpendidikan Psikologi/Sarmud/D3
|
||||||||
Siswa Asuh
1. Jumlah siswa asuh untuk :
(a) Kepala sekolah berlatar
belakang BK : 40-75 siswa
(b) Wakil Kepala Sekolah
berlatar belakang BK : 75-100
siswa
.(c) Guru Pembimbing mengasuh
150 siswa.
2. Guru Pembimbing mengasuh
kurang dari 150 siswa.3. Guru Pembimbing mengasuh lebih dari 200 siswa.4.
Guru Pembimbing memiliki Daftar Siswa Asuh yang berisi :(a) Nomor Urut/NIS/Kelas(b) Nama Siswa(c) Alamat,
Nomor Telepon(d) Peta kekuatan/potensi dan kelemahan/masalahABCDEJika 4
indikator terpenuhiJika 3 indikator terpenuhiJika 2 indikator terpenuhiJika 1
indikator terpenuhiJika tidak ada
|
||||||||
Tugas Guru Pembimbing
1. Guru Pembimbing hanya
melaksanakan tugas pokok BK
2. Guru Pembimbing,
dilibatkan sebagai koord.
Pengembangan diriatau kegiatan ekstra kurikuler/tugas sebagai PKS.
3. Guru Pembimbing diberi
tugas tambahan menyampaikan materisebagai Guru Mata Pelajaran/guru piket
4. Guru Pembimbing menangani
semua masalah siswa
(tidak adamekanisme/alur penanganan)ABCDEJika indikator 1&2
ygtampak Jika indikator 1 yang tampak Jika indikator 4 yang
tampak Jika 1&3 indikator yangtampak Jika tidak ada indikator
|
||||||||
Agenda Guru Pembimbing Sehari-hari
1. Guru Pembimbing menulis dalam agenda harian, yaitu tentang
kegiatan BK dan nama-nama siswa yang akan konselingdengan satuan layanan (SATLAN)
2. Guru Pembimbing memiliki agenda harian, tetapi
belumdilengkapi dengan SATLAN3. Guru Pembimbing tidak memiliki agenda harian.
|
||||||||
Layanan Bimbingan dan Konseling
1. Guru Pembimbing memberikan
layanan BK pada setiap siswa asuhdalam satu semester minimal 10 kali (dituangkan dalam satlan)2. Guru
Pembimbing melaksanakan layanan untuk seluruh siswa3. Layanan terjadwal,
tidak terjadwal, atau di luar jam pelajaran4. Guru Pembimbing hanya membantu
siswa bermasalah saja.
|
||||||||
Kerjasama
1.
Dalam melaksanakan kegiatan BK, Guru Pembimbing
selalu
melibatkan pihak-pihak
yang terkait di sekolah sesuai dengan peranandan fungsinya masing-masing,
antara lain :(1)Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah.(2)Wali Kelas.(3)Guru Mata Pelajaran/Guru Praktek (4)Orang Tua/Wali siswa(5)Tata Usaha(6)Pihak lain yang diperlukan.Keterkaitan itu tercantum di dalam : Satuan Layanan (SATLAN)2. Guru Pembimbing
kadang-kadang melibatkan pihak lain bila perlu.3. Guru Pembimbing melakukan
tugasnya dengan bekerja sendir
|
||||||||
. Pelaksanaan PelayananLayanan Orientasi
a. Berpijak pada satuan layanan b. Melaksanakan tahap-tahap
kegiatanc. Menggunakan strategi dan media yang efektif d. Dilaksanakan di luar
kelase. Melakukan evaluasi hasil dan prosesf. Pelaporan kegiatang. Tindak
lanjut layanan
|
||||||||
Layanan Informasi (kontak langsung)
a. Berpijak pada satuan
layanan b. Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Memberikan informasi yang
akuratd. Memperluas wawasan/pemahaman kepada siswae. Dapat menjadi bahan
untuk pengambilan keputusan siswa
Melakukan evaluasi hasil dan prosesg.
Pelaporan kegiatanh. Tindak lanjut layanan
|
||||||||
Layanan Penguasaan Konten
a. Berpijak pada satuan layanan b.
Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Siswa mendapat ketrampilan perilaku
barud. Melakukan evaluasi hasil dan prosese. Pelaporan kegiatan
|
||||||||
Layanan Penempatan dan Penyaluran
a. Membuat proposal program/satlan b.
Melaksanakan tahap-tahap kegiatanc. Membuat dan/atau menggunakan angketd.
Menggunakan tes (IQ, bakat,TPA) tstandar e. Melakukan anĂ¡lisis hasil tes
atau angketf. Melakukan prediksi/prognosisg. Melakukan tindak lanjut kepada
siswah.
Siswa dapat menganalisis kekuatan/kelemahan
i. Melakukan sosialisasi hasil tes atau angket kepada stake holder j. Membuat evaluasi hasil dan prosesk. Pelaporan kegiatanl.
|
||||||||
Layanan Konseling Individual
a. Berpijak pada satuan layanan b.
Melakukan identifikasi konseli dan masalahnyac. Menggunakan teori/teknik
konseling tertentu dan atau eklektik d. Melaksanakan langkah sistematis
(awal, inti, akhir)e. Menggunakan ketrampilan dasar konselingf. Menggunakan
mediag. Melakukan pencatatan perubahan perilakuh. Pelaporan kegiatani
|
||||||||
Layanan Konseling Kelompok/Konseling Sebaya
a. Berpijak pada satuan layanan b.
Melakukan identifikasi konseli dan masalahnyac. Membentuk kelompok yang terdiri
dari 10-12 siswa d. Menggunakan teori/teknik konseling tertentu dan atau
eklektik e. Melaksanakan langkah sistematis (awal, inti, akhir)f.
Menggunakan ketrampilan pemimpin kelompok g. Menggunakan ketrampilan
dasar konselingh. Menggunakan mediai. Melakukan pencatatan perubahan perilaku
|
||||||||
Layanan Bimbingan Kelompok
a. Berpijak pada satuan layanan b.
Membentuk kelompok yang terdiri dari 10-15 siswac. Melaksanakan langkah
sistematis (awal, inti, akhir)d. Menggunakan ketrampilan pemimpin
kelompok e. Memberikan topik bebas/tugasf. Siswa mengalami perubahan
perilakug. Melakukan evaluasi hasil dan prosesh. Pelaporan kegiatani.
|
||||||||
. Laporan, Evaluasi dan Tindak Lanjut
1. Guru Pembimbing membuat Laporan Bulanan
yang dilaporkankepada Kepala Sekolah.2. Laporan bulanan disertai dengan evaluasi program per-tri wulan3. Guru
Pembimbing dapat merevisi dan mengembangkan programBK sesuai hasil evaluasi
(tindak lanjut program)4. Guru Pembimbing membuat Laporan Bulanan tetapi
tidak dilaporkan pada Kasek.5. Guru Pembimbing menyampaikan Laporan
Bulanan secara
lisankepada Kepala Sekolah6. Guru Pembimbing tidak pernah membuat laporan
bulanan danevaluasinya..
|
||||||||
Kebermanfaat hasil Layanan Konseling
1. Hasil layanan konseling bermanfaat bagi
konseli didukung oleh pernyataan konseli (terdokumentasikan)2. Hasil layanan konseling
mendukung program-program sekolah (ditunjukkan dengan dokumen pernyataan dari
sekolah)3. Layanan konseling dapat memfasilitasi perkembangan siswa
(ditunjukkan dengan dokumen pernyataan dari orang tua, guru, atau KepalaSekolah)
|
||||||||
Pengembangan Profesi
1. Guru Pembimbing selalu mengembangkan
wawasan melaluiDiklat/work
|
No comments:
Post a Comment