Monday, December 14, 2015

YANG DI PERLUKAN DALAM BIMBINGAN KONSELING MAHASISWA

YANG DI PERLUKAN DALAM BIMBINGAN KONSELING MAHASISWA

KAMI MENYEDIAKAN KUMPULAN PTBK DAN ADMINISTRASI BK MURAH 
HUBUNGI KAMI DI 081229751944




1. Problem Mahasiswa
Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling mahasiswa didesak oleh banyaknya problema yang dihadapi oleh para mahasiswa dalam perkembangan studinya. Belajar di perguruan tinggi memiliki beberapa karakteristik yang berbeda dengan belajar di sekolah lanjutan. Karakteristik utama dari studi pada tingkat ini adalah kemandirian, baik dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan pemilihan progam studi, maupun dalam pengelolaan dirinya sebagai mahasiswa. Seorang mahasiswa telah dipandang cukup dewasa untuk memilih dan menentukan program studi yang sesuai dengan bakat, minat, dan cita-citanya. Mahasiswa juga dituntut untuk lebih banyak belajar sendiri, tanpa banyak diatur, diawasi,dan dikendalikan oleh dosen-dosennya. Dalam mengelola hidupnya mahasiswa dipandang telah cukup dewasa untuk dapat mengatur kehidupannya sendiri. Umumnya mereka juga telah berkeluarga dan mempunyai anak.
Dalam usaha merealisasikan kemandirian tersebut, perkembangannya tidak selalu mulus dan lancar, banyak hambatan dan problema tersebutdiperlukan Bimbingan dari para dosen yang dilakukan secara sistematik dan berpegangan pada prinsip “Tut Wuri Handayani”. Secara keseluruhan, problema yang dihadapi oleh mahasiswa dapat dikelompokan atas dua kategori, yaitu problma studi dan problema sosial-pribadi.

2. Problem Akademik
Problem akademik merupakan hambatan atau kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan dan memaksimalkan perkembangan belajarnya. Beberapa problema studi yang mungkin dihadapi oleh mahasiswa sebagai berikut :
1.    Kesulitan dalam memilih progam studi/ konsentarsi/ Pilihan mata kuliah yang sesuai dengan kemampuan waktu yang tersedia.
2.   Kesulitan dalam mengatur waktu belajar disesuaikan dengan banyaknya tuntutan dan aktivitas perkuliahan, serta kegiatan kemahasiswaan.
3.      Kesulitan dalam mendapatkan sumber belajar dan buku-buku sumber.
4.      Kesulitan dalam menyusun makalah, laporan, dan tugas akhir.
5.      Kesulitan dalam mempelajari buku-buku yang berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris.
6.      Kurang Motivasi dan semangat belajar.
7.      Adanya kebiasaan yang salah.
8.      Rendahnya rasa ingin tau.
9.      Kurangnya minat terhadap profesi.

3. Problem Sosial-Pribadi
Problem Sosial-Pribadi merupakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mengelola hidupnya sendiri serta menyesuaikan diri dengan kehidupan sosia, baik di kampus maupun di lingkungan tempat tinggalnya. Beberapa problem sosial pribadi yang mungkin dihadapimahasiswa adalah sebagai berikut :
1.      Kesulitan ekonomi / Biaya Kuliah
2.      Kesulitan berkenaan dengan masalah pemondokan
3.     Kesulitan menyesuaikan diri dengan teman sesame mahasiswa baik di lingkungan mahasiswa, khususnya mahasiswa pendatang.
4.      Kesulitan menyesuaikan diri dengan masyarakat sekitar tempat tinggal mahasiswa khususnya mahasiswa pendatang.
5.      Kesulitan karena masalah keluarga.
6.      Kesulitan karena masalah pribadi

No comments:

Post a Comment