Friday, June 10, 2016

Artikel Bimbingan Konseling "Memberi Contoh Tentang Sosial"

Artikel Bimbingan Konseling "Memberi Contoh Tentang Sosial"
KAMI MENYEDIAKAN KUMPULAN PTBK DAN ADMINISTRASI BK MURAH 
HUBUNGI KAMI DI 081222940294

 "Tidak pernah aku memelihat seseorang yang memperlakukan petunjuk dan hidayahnya lebih menyerupai dengan Rasulullah saw,didalam berdiri dan duduknya - dari pada fatimah binti Rasullah saw.Apa lagi ia masuk menghadap nabi saw,maka beliau berdiri menghormatinya,mencium dan mendudukannyabdi tempat duduknya.Demikian pula,apa bila nabi saw masuk mengadapnya,maka ia berdiri dari tempat duduknya,mencium dan mendudukannya di tempat duduknya (diriwayatkan Al Bukhari,Abu daud dan At-Tirmidzi dari 'aisyah ra.).
   Riwayat ini di pesankan untuk para pendidik bagaimana memberikan contoh soasial terhadap anak didik,dengan menghormati dan menghargai anaknya terlebih dahulu,yang mana akan menghormati dan menghargai diri kita sebagai pendidik.
   Pesan sosial yang dilakukan Rasulullah saw terhadap putrinya,merupakan bukti nyata,bahwa dengan memberikan sesuatu kepada anak-anak maka sendirinya anak- anak anak akan  memberikan yang lebih terbaik dari kita.
 Selain contoh penghormatan kepada anak yang langsung di rasakan anak dapat juga memberikan contoh dengan menghormaati orang lain.
   Seperti,dalam memberikan contoh penghormatan kepada ibu dan ayah kita yang di perlihatkan kepada anak didik bagaimana kita hormati dan taat kepada orang tua.
  Dengan begitu anak-anak akan berusaha mencontoh yang di lihat dari orang tuanya maka ia akan menghormati dan menghargainya.
   Hal ini karena ia mencontoh sosial kepada anak didik,sebagai pendidik dapat memperlihatkan pada anaknya dengan berbuat baik dengan masyarakaat setempat dengan mengajak dan mengajarkan anak-anak dalam bergaul dan berinteraksi dengan masyarakat.
               Seperti,bagaimana bergaul dengan temen-temen  dengan keakraban memperlihatkan dan mengenalkan sahabat dekat kepada anak didik,mengajak anak didik bersilaturrahmi kepada kerabat dan temen-temen yang baik-baik.Contoh inilah yang akan menumbuhkan jiwa sosial anak didik dalam bergaul  di masyarakat.
   Sehingga dalam memberikan contoh sosial yang perlu mendapat perhatian dengan
1. Dengan  pendekatan dari pada Allah
          Yaitu bagaimana dalam kehidupan masyarakat kita tetap mempertahankan ketakwaan kita kepada Allah.Seperti dalam hubungan perdagangan hindari dari penghianatan  atau kebohongan terhadap barang yang kita jual.menunjukan kepada anak didik bahwa orang yang kita berikan itu tidak mengetahui tetapi Allah selalu mengetahui tetapi Allah selalu mengetahui.
Pendekatan ini mengusahakan pendidik atau sebagai orng tua untuk dapat 
1.1  Menunjukan semangat beribadah ;seperti shalat berjamaah dengan orang lain,untuk laki-laki solat jamaah di masjid.Atau melakukan aktifitas kegiatan keagamaan sebagai syiar bersma dengan masyarakat setempat.
1.2  melatih untuk beramal;seperti memberikan santunan kepada anak yatim,fakir miskin danperbuatan amal lainya agar anak didik yang melakukan bersama dengan pendidik sebagai orang tua.
1.3  Menunjukan dengan berbagai contoh bahwa Allah selalu mengawasi kita;sebagai yang di kisahkan oleh Abdullah bin dinar;bahwa ketika ia keluar bersama dengan kholifah ummar bin khotob  ra mmenuju mekah.Dalam peristirahatan terlihat pengmbala turun dari gunung mendekati mereka.Kemudian Umar berkata kepada pengembala jualah satu kambing dari kambing-kambing itu kepadaka'ia berkata;sesungguhnya aku adalah seorang hamba;umar ingin menguji pengembala itu dengan mengatakan;katakan kepada tuanmu bahwa kambing itu di makan serigala 'sang pengembala berkata;Di mana allah"?mendengar itu ummar menangis,kemudian umar pergi bersama pengembala itu kepada tuanya untuk membeli dan memrdekakanya.Umar berkaya.Kalimat itu (Allah dimana) telah memerdekakanmu di akhirat kelak.
1.4  mengiringi nama Allah dalam setiap pembicarakan kepada anak didik atau kepada keluarga lainnya.yaitu membesarkan nama Allah dalam setiap aktifitas seperti saat makan bersama,bahwa Allah telah memberi rizki kepada kita berbagai hidangan ini.
1.5  mencontohkan pada anak untuk mengucapkan missmillah;setiapkali untuk melakukan sesuatu aktivitas,den mengucapkan alhamdulilah setelah selesai beraktivitas.
1.6  Mencontohkan kepada anak untuk menyingkirkan duri atau batu yang akan membehayakan orang lain sewaktu ia melewati tempat itu ;di mulai dari kita pendidik yang menyingkirkan kemudian meminta anak didik kita menyingkirkan bersama dengan kita.Jika sering kita lakukan bersama anak didikmaka akan sendiri akan melakukannya.
semua contoh yang semua kita kerjakan di hadapan anak atau bersama-sama dengannya sampai pada anak yang telah memasuki usianya di atas 7 tahun pengertian dan pemahaman tentang apa yang telah di perbuat itu akan mendatangkan kebaikan untuk diri orang lain.
  Pendekatan diri kepada Allah atau mengingatkan dirinya kepada allah merupakan suatu sumber keutamaan sosial yang dapat memberikan jalan untuk menghindari berbagai keruskan moral,kejahatan,dan perbuatan doso.Bahkan hal ini merupakan sarana untuk mewujudkan kesadaran dalam bermasyarakat.

No comments:

Post a Comment