Saturday, June 18, 2016

Artikel Bimbingan Konseling "Pengertian Eksperimen"

Artikel Bimbingan Konseling "Pengertian Eksperimen"
KAMI MENYEDIAKAN KUMPULAN PTBK DAN ADMINISTRASI BK MURAH 

HUBUNGI KAMI DI 081222940294



Utuk memudahan di dalam memahami pengertian eksperimen perlu di kemukakan sebuah illustrasi pengertian eksperimen yang di lakukan oleh Harlow (1964) yang meneliti efek suatu perlakuan terhadap prilaku kera.
     Harlow berhipotesis bahwa orang tua,pengasuh,orang tua penganti dapat menjadi sumber rasa aman bagi anak jika hipotesis ini dia membuat dua macam "induk kera"dari bomneka yang besarnya sama tetapi bentuknya berbeda yang satu di buat "induk"yang menggunakan baju ber bulumendekati bentuk kera.yang lain di buat induk dari kawat tanpa bajuuntuk memunculkan situasi yang menakutkan bagi anak kera ,juga di buatkan boneka beruang yang dapat bergerak.
     Bagaimana respon anak kera (yang masih sangat muda) jika dihadirkan biatang berbahaya sang beruang anak kera mendekap"induknya"yang ada di sekitarnya.Hanya saja frekuensi mendekat dan mendekap induk yang berbaju dan yang berkawat berbeda yaitu anak kera lebih banyak mendekap pada induk yang berbaju.
    Penelitian tersebut menunjukan bahwa eksperimen menekankan pada perlakuan langsung oleh peneliti contohnya adalah (1)memberikan kondisi yang menakutkan dan(2)dua macam "induk kera"perlakuan secara sengaja di lakukan dan direncanakan ooleh peneliti.
   Tujuan dalam eksperimen adalah mengamati akibat yang di imbulkan dan perlakuan.Pada contoh tersebut tujuanya adalah untuk mempelajari prilaku apa yang ditunjukan oleh peneliti.
Di dalam eksperimen yang di lakukan Harlow,di lakukan kegiatan pengendalian terdapat situasinya dengan jalan mengawasi proses perlakuanya,daan melakukan pebandingan reaksi kera saat ada perlakuan (kondisi yng menakutkan)dan da perlakuan (tidak ada kondisi yang menakutkan membandingkan anak kerakepada kedu "induknya"berbeda.dengan pengendalian ini benar-banar di pahamibahwa perilaku kera tertentu itu terjadi karena perlakuan,bukan karena kebetulan atau faktor lainya di luar perlakuan.
  Eksperimen-eksperimen pada binatang atau masusia individu atau kelompok pada dasarnya memiliki prinsip yang sama,sekaipun ad perbedaan dalamdesainya.dari berbagai pengertian yang di kemukakan oleh banyak ahli dapatlah di kemukakan bahwa eksperimen merupakan penelitian yang di kembangkan untuk mempelajari fenomena dalam kerangka hubungan sebab akibat yang di lakukan dengan memberokan perilakuan oleh peneliti pada subjek penelitian untuk kemudian di pelajari diobserfasi efek perlakuan tersebut dengan mengendalikan variabel yang tidak di kehendaki.
     Ciri penelitian eksperimen
(1)Manipulasi yang secara sengaja di lakukan peneliti.
(2)Memanitor akibat(efek) yang di timbulkan dari suatu manipulasi 
(3)pengendalian pengaruh fafiabel yang tidak di kehendaki 
       Ketiga ciri ini tidak dapat di tinggalkan suatu eksperimen di bandingkan dengan penelitian lain yang tidak pernah memberikan suatu perlakuan khusus kepada objek/subjek yang teliti

No comments:

Post a Comment