Friday, June 3, 2016

UPAYA MENINGKATAN KEDISIPLINAN DATANG TEPAT WAKTU

UPAYA MENINGKATAN  KEDISIPLINAN DATANG TEPAT WAKTU
KAMI MENYEDIAKAN KUMPULAN PTBK DAN ADMINISTRASI BK MURAH 
HUBUNGI KAMI DI 081222940294

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan datang tepat waktu pada peserta didik Kelas 8D SMP Negeri 24 Surakarta  Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010.Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2010. Subyek dalam penelitian adalah kedisiplinan dating tepat waktu di sekolah pada peserta didik kelas 8D SMP Negeri 24 Surakarta Semester II tahun pelajaran 2009/2010. Presedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data kualitatif hasil pengamatan kedisiplinan datang tepat waktu dianalisis menggunakan analisis diskriftif kualitatif dengan membandingkan siklus I dengan siklus II, sedangkan data yang berupa angka dianalisis menggunakan deskriftif komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal, kondisi siklus I dan siklus II kemudian direfleksi.Hasil pengamatan menunjukkan bahwa melalui pemberian layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kedisiplinan datang tepat waktu peserta didik kelas 8D SMP Negeri 24 Surakarta. Kondisi Pra tindakan masih banyaknya peserta didik yang tidak disiplin datang tepat waktu di sekolah. Pada Siklus I dengan memberikan layanan bimbingan kelompok kepada kelas secara kelompok besar atau klasikal.Guru pembimbing hanya sebagai fasilitator atau pengaruh jalannya diskusi. Pada siklus I peserta didik terlihat senang dan antusias dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok. Dari hasil pengamatan setelah siklus I diperoleh data adanya peningkatan kedisiplinan peserta didik untuk datang tepat waktu di sekolah sebesar 40%. Pada Siklus 2, tindakan diberikan sama dengan sikilus I tetapi dengan jumlah anggota kelompok yang lebih kecil dimana kelas dibagi 2 kelompok yaitu kelompok 1/ganjil dan kelompok 2/genap. Dalam pelaksanaan tindakan siklus 2 ini peneliti menggunakan guru pembimbing lain sebagai kolaboran untuk mengamati jalannya proses layanan bimbingan kelompok dengan kelompok sedang. Dimana kelompok ganjil berjumlah 19 orang sedang kelompok genap berjumlah 16 orang. Berdasarkan hasil tindakan siklus 2 diperoleh data adanya peningkatan kedisiplinan peserta didik untuk datang tepat waktu di sekolah sebesar 50%.

No comments:

Post a Comment