Monday, June 6, 2016

Artikell Bimbingan Konseling "Dialog Pengenalan"

Artikell Bimbingan Konseling "Dialog Pengenalan"
KAMI MENYEDIAKAN KUMPULAN PTBK DAN ADMINISTRASI BK MURAH 
HUBUNGI KAMI DI 081222940294

     Yaitu perkataan yang di sampaikan kepada anak merupakan suatu bentuk pengenalan terhadap apa yang di katakan orang tua untuk dapat di ulangi anak sesuai dengan usianya.
     Dialog ini beranjak di bawah usia  7 tahun.Karena pada usia ini anak selalu menerima segala apa yang di dengarnya,begitu juga dengan memper hatikan apa yang di lihatnya.
   Sebagaimana Rasullah saw mengajarkan kepada ummatnya dengan pesan yang diriwayatkan oleh Al-Harist,Ath-Thayalisi dan Baihaqi.

               Ajarkanlah ilmu dan janganlah kalian bersikap keras,karena sesungguhnya                                          mengajarkan ilmu lebih baik dari orang yang bersikap kasar

    Katakata kasar dan bahasa menyakitkan anak,akan mengakibatkan keterhambatan dalam diri anak pada suatu saat bahasa kasar itu akan di gunakan pada diri kita sebagai pendidik yang telah mengajarkan secara tidak langsung kata-kata kasar tersebut.
    Usahakan menggunakan kata-kata kelembutan di hadapan anak-anak bergurau dengan bahasa yang baik dan penuh perhatian,ciptakan simpati kedaalam diri anakbentuk pengertian kebaikan akan mendatangkan kesenangan.
    Sebagaimana Rasululloh saw berpesan kepada umatnya di mana al-hakim meriwayatkan dari Ibnu abbas r.a;"bacakanlah kepada anak-anak kamu kalimat pertama dengan kalimat 'Ia illaha illa allah(tiada yang dapat di sembah selain Allah).
    Kalimat tauhud yang pertama kali di dengar anak,akan menanamkan suatu keyakinan dan ketabahan.
   Anjuran Rasullah saw ini merupakan bacakanlah yang mempunyai arti bahwa orang tua hendaknya yang memulai untuk mengucapkan dan melafazhkanya.
  lafazh, kalimat tauhid ini akan di tiru anak-anaknya dan kelak anak akan menjaji anak yang yang yakin dan tabah.
   Untuk dapat anak mengucapkan kata-kata dan ucapan kebaikan,itu dengan dialognnya seperti ucapan masyaallah,subhanallah,begitu juga suatu anak kagum terhadap suatu maka katakan "subhanallah".
   Oleh karena itu hendaknya pendidik dapat memberikan suatu contoh perkataan yang bai untuk anak-anak,yaitu dimulai sejak sedini mungkin dengan kata-kata bahasa yang baik.Untuk melakukannya.
    


No comments:

Post a Comment