Wednesday, June 1, 2016

Contoh PTK Bimbingan Konseling SMA Sedrajat

Contoh PTK Bimbingan Konseling SMA   Sedrajat
KAMI MENYEDIAKAN KUMPULAN PTBK DAN ADMINISTRASI BK MURAH 
HUBUNGI KAMI DI 081222940294

BAB I PENDAHULUAN

 A.  Latar Belakang Masalah Sekolah sebagai salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan formal mempunyai peranan yang amat penting dalam usaha mendewasakan anak dan menjadikannya sebagai anggota masyarakat yang berguna. Hal ini berarti sekolah turut pula bertanggungjawab tercapainya suatu tujuan, yang telah ditetapkan. Perlu dipahami bahwa masing-masing individu memiliki karakter yang berbeda-beda ada yang memiliki daya serap yang cepat ada yang sedang ada yang rendah. Karena berbedaan inilah yang dapat menimbulkan masalah kesulitan belajar sedang siswa yang pandai akan jenuh apabila proses pembelajaran disamakan dengan yang lambat belajar atau mengalami kesulitan belajar. Kenyataan nilai pembelajaran bidang bimbingan pribadi dan sosial selalu rendah, hasil ulangan harian yang didapatkan siswa kelas XI SMA Negeri 1, nilai rata - rata memperoleh nilai di bawah KKM yaitu 59 (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dengan rendahnya nilai tersebut berarti siswa mengalami kesulitan belajar yang mendasar. Karena rendahnya prestasi belajar ini merupakan salah satu indikasi bahwa siswa mengalami kesulitan belajar yang serius. Dalam hal ini, bimbingan di sekolah sangat diperlukan guna membantu siswa dalam mengatasi permasalahannya, dalam masalah belajar atau masalah pribadi siswa. Bimbingan siswa harus memiliki prinsip dasar yang kuat sebagai landasan pelaksanaannya, sehingga layanan kelompok belajar merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan di sekolah. Layanan kelompok belajar ini diberikan secara khusus oleh guru kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam bidang pembelajaran ini, agar mereka dapat mandiri, memiliki kepercayaan diri, sehingga lama kelamaan mereka akan dapat memecahkan masalahnya sendiri. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis ingin meningkatkan nilai Bimbingan Konseling pada siswa kelas XI-IPS2 SMA Negeri 1 melalui penelitian dengan judul “Peningkatan Prestasi Belajar Bidang Bimbingan Pribadi dan Sosial Materi Mengatasi Stres dan Depresi Siswa Kelas XI-IPS2 SMA Negeri 1 Dengan Layanan Kelompok”. B.  Rumusan Masalah Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : "Apakah dengan layanan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI bidang bimbingan pribadi dan sosial materi mengatasi stres dan depresi pada SMA Negeri 1?"  C.  Tujuan Penelitian  Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI bidang bimbingan pribadi dan sosial mengatasi stres dan depresi dengan layanan kelompok pada SMA Negeri 1. E.        Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi : Sekolah Memberikan masukan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa serta sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan kerjasama dan kreatifitas guru. Guru a.       Menemukan salah satu alternatif dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa. b.      Dengan menyadari kewajiban dan tanggung jawab dalam membantu perkembangan siswa melalui kritik diri akan selalu berusaha memperbaiki dan menyempurnakan proses pembelajaran, bimbingan dan motivasi untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Siswa a.       Meningkatkan prestasi belajar siswa. b.      Dengan menyadari akan kekurangan yang ada pada dirinya, siswa akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki segala kelemahan dan kesulitan belajar yang dihadapi melalui bimbingan.

No comments:

Post a Comment