Thursday, June 2, 2016

Konseling Perguruan Tinggi

 Konseling Perguruan Tinggi
KAMI MENYEDIAKAN KUMPULAN PTBK DAN ADMINISTRASI BK MURAH 
HUBUNGI KAMI DI 081222940294

A.    Perguruan Tinggi di Indonesia
Perguruan tinggi adalah jenjang pendidikan formal setelah pendidikan menengah. Peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi disebut dosen. Di Indonesia, perguruan tinggi  dapat berbentuk akadem, sekolah tinggi, institute, atau universitas. Program pendidikan perguruan tinggi dapat berupa program diploma (D-1, D-2, D-3, D-4), sarjana (S-1), magister (S-2), spesialis dan doctor (S-3). Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan program akademik, poloteknik, profesi dan atau vokasi (kejuruan).
Universitas, institute, dan sekolah tinggi yang memiliki program doctor berhak memberikan gelar doctor kehormatan kepada individu yang layak memperoleh penghargaan berkenaan dengan jasa-jasa yang luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, kemasyarakatan, keagamaan, kebudayaan atau seni. Sebutan guru besar atau professor hanya digunakan selama yang bersangkutan masih aktif bekerja sebagai pendidik di perguruan tinggi.
Pengelolaan dan regulasi perguruan tinggi di Indonesia dilakukan oleh Depertemen Pendidikan Nasional. Rektor Perguruan Tinggi Negeri merupakan pejabat eselon di bawah Menteri Pendidikan Nasional. Selain itu, terdapat perguruan tinggi yang dikelola oleh depertemen atau Lembaga Pemerintah Nondepartemen yang umunya merupakan perguruan tinggi kedinasan. Misalnya Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN) dikelola oleh Departemen Keuangan. Berikut merupakan gambaran umum mengenai instansi pendidikan tersebut :
1.      Akademi
Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan professional dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, atau kesenian tertentu. Akademi terdiri atas satu jurusan atau lebih yang menyelenggarakan Program Diploma-1 (D-1).(D-2) dan (D-3). Contoh Akademi antara lain Akademi Bahasa Asing dan Akademi Keperawatan.

2.      Politeknik
Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan professional dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Politeknik terdiri atas tiga jurusan atau lebih yang menyelenggarakan Program Diploma (D-1), (D-2),(D-3), DAN (D-4). Contoh Politeknik di Indonesia antara lain Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Medan.

No comments:

Post a Comment