Penelitian Tindakan Dan Bimbingan Konseling
KAMI MENYEDIAKAN KUMPULAN PTBK DAN ADMINISTRASI BK MURAH
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
Tujuan utama dari kegiatan belajar mengajar adalah pada siswa yang belajar. Dengan demikian, hakikat mengajar adalah menfasilitasi siswa agar mereka mendapatkan kemudahan dalam belajar, pembentukan kepribadian termasuk mematuhi tata tertib dan disipli.
Mencermati hal tersebut diatas peneliti sebagai Guru Bimbingan Konseling merasa tertarik untuk mengkajinya dan memberikan layanan yang terbaik untuk siswa sehingga terwujud penelitian yang berjudul “ Penurunan Keterlambatan Siswa Masuk Kelas Setelah Jam Istirahat Melalui Layanan Informasi Tata Terib Sekolah Pada Kelas VIIIB SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 .
penelitian tindakan kelas ini dijabarkan dalam dua kegiatan, yaitu (1) kegiatan pra-tindakan, dan (2) kegiatan pelaksanaan tindakan yang terdiri dari dua siklus.
1. Kegiatan Pra-Tindaka dilaksanakan tanggal 10 September 2014 pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Kalidawir Kabupaten Tulungagung pada semester 1 tahun pelajaran 2014/2015.
2. Pelaksanaan tindakan siklus II pada tgl 2 Oktober 2014 dan pemantauan hasil layanan pada hari-hari setelahnya dengan cara observasi dan anecdotal record.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Kegiatan Siswa dalam mengikuti layanan menunjukkan kenaikan, yang ditunjukkan oleh hasil angket sikap siswa yang memperoleh skor mean 2,34 atau 58,50 % pada pra-tindakan menjadi 2,86 atau 71,50 % pada siklus I, dan menjadi 3,19 atau 79,75 % pada siklus II.
2. Evaluasi Pemahaman tentang materi layanan siswa menunjukkan kenaikan, yang ditunjukkan oleh hasil evaluasi kegiatan layanan,. Siswa yang tuntas memahami materi layanan dari 28 siswa ( 62,22 % ) pada pratindakan, menjadi 35 siswa ( 77,17 % ) pada siklus I, dan menjadi 40 siswa (88,88 % ) pada siklus II. Sedangkan yang belum tuntas mengalami penurunan dari 17 siswa ( 37,77 % ) pada pra-tindakan, menjadi 10 siswa ( 22,22 % ) padasiklus I, dan menjadi 5 siswa (11,00 %) pada siklus II. Dan dari analisa data Observasi dan anecdotal record tidak ada siswa yang terlambat masuk kelas setelah jam istirahat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan Layanan Informasi Tata Terib Sekolah Pada Kelas VIIIB SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015, menurunkan Keterlambatan Siswa Masuk Kelas Setelah Jam Istirahat .
Mencermati hal tersebut diatas peneliti sebagai Guru Bimbingan Konseling merasa tertarik untuk mengkajinya dan memberikan layanan yang terbaik untuk siswa sehingga terwujud penelitian yang berjudul “ Penurunan Keterlambatan Siswa Masuk Kelas Setelah Jam Istirahat Melalui Layanan Informasi Tata Terib Sekolah Pada Kelas VIIIB SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 .
penelitian tindakan kelas ini dijabarkan dalam dua kegiatan, yaitu (1) kegiatan pra-tindakan, dan (2) kegiatan pelaksanaan tindakan yang terdiri dari dua siklus.
1. Kegiatan Pra-Tindaka dilaksanakan tanggal 10 September 2014 pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Kalidawir Kabupaten Tulungagung pada semester 1 tahun pelajaran 2014/2015.
2. Pelaksanaan tindakan siklus II pada tgl 2 Oktober 2014 dan pemantauan hasil layanan pada hari-hari setelahnya dengan cara observasi dan anecdotal record.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Kegiatan Siswa dalam mengikuti layanan menunjukkan kenaikan, yang ditunjukkan oleh hasil angket sikap siswa yang memperoleh skor mean 2,34 atau 58,50 % pada pra-tindakan menjadi 2,86 atau 71,50 % pada siklus I, dan menjadi 3,19 atau 79,75 % pada siklus II.
2. Evaluasi Pemahaman tentang materi layanan siswa menunjukkan kenaikan, yang ditunjukkan oleh hasil evaluasi kegiatan layanan,. Siswa yang tuntas memahami materi layanan dari 28 siswa ( 62,22 % ) pada pratindakan, menjadi 35 siswa ( 77,17 % ) pada siklus I, dan menjadi 40 siswa (88,88 % ) pada siklus II. Sedangkan yang belum tuntas mengalami penurunan dari 17 siswa ( 37,77 % ) pada pra-tindakan, menjadi 10 siswa ( 22,22 % ) padasiklus I, dan menjadi 5 siswa (11,00 %) pada siklus II. Dan dari analisa data Observasi dan anecdotal record tidak ada siswa yang terlambat masuk kelas setelah jam istirahat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan Layanan Informasi Tata Terib Sekolah Pada Kelas VIIIB SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015, menurunkan Keterlambatan Siswa Masuk Kelas Setelah Jam Istirahat .
No comments:
Post a Comment