Monday, June 20, 2016

Artikel Bimbingan Konseling "Populasi dan Sampel"

Artikel Bimbingan Konseling "Populasi dan Sampel"
KAMI MENYEDIAKAN KUMPULAN PTBK DAN ADMINISTRASI BK MURAH 
HUBUNGI KAMI DI 081222940294


Populasi
        Populasi merupakan  keseluruhanindividu atau subjek yang diteliti yang memiliki beberapa karakteristik yang sama.Karakteristik yang dimaksud dapat berupa usia,jenis kelamin,tigkat pendidikan,wilayah tempat tinggal,dan seterusnya.Subjek yang diteliti dapat merupakan kelompok penduduk di suatu desa,sekolah atau yang menempati wilayah tertentu.
    
  Suatu penelitian termasuk,eksperimen,perlu menetapkan target populasinya.Peneliti dapat menentukan target populasi sebelum penelitian dilakukan,misalnya sekelompok remaja yang ada disekolah,pasien penderita gangguan mental di rumah sakitatau yang rawat jalan ,atau ibu-ibu rumah tangga pada suatu tempat.target populasi ini sangat penting untuk menetapkan dalam lingkungan apa suatu penelitian itu akan diterapkan .
    Populasi sering kali memiliki variasi atau sebaran yang sangat luas.Untuk penelitian eksperimen dibutuhkan keadaan populsi yang relatif homogen.Homogenitas populasi ini sangat berguna bagi kemudahan dalam pengmbilan sampel dan intervesi (perlakuan) yang hendak diberikan .
  Sebelum penelitian dilakukan,penelitian harus mengetahui sebaran dan ciri-ciri populasinya,apakah populasinya tersebut  secara homogen atau heterogen.Tentunya,omogenitas populasi ini adalah hal yang sangat berguna dalam penelitian maka sangat membantu peningkatan faliditas penelitian.
    sebelum penelitian dilakukan penelitian harus mengetahui sebaran  dan ciri-ciri populasinya,apakah populasinya tersebut secara homogen atau heterogen.Tentunya hpmogenitas populasi ini adalah yang sangat di utamakan dalam penelitian maksimal maka sangat membantu peningkatan validitas penelitian.
       Homogenitas subjek penelitian dapat dicaapai dengan membatasi ciri-ciri populasinya,yang diantaranya adalah sebagai berikut.
a.  Aspek tempart /geografis merupakan wilayah atau tempat subjek penelitian tempat tinggal(propinsi,kabupaten,sekolah)
b   Aspek subjek sendiri,seperti jenis kelamin,umur,rasial,pendidikan,krepribadian,sejarah kehidupan,dan inteligensi
c.   Aspeksosial,yang mencakup,kelas sosial,keluarga dan lingkungan sosial.

Jika keadaan provinsi ditegskan ciri-cirinya misalnya untuk melakukan eksperimen menguragi kecemasan populasinya adalah subjek-subjek yang ada pada suatu sekolah dasar,kelas 4 dan kelas 5,anak-anak wanita yang mengalami kecemasan tampill di depan kelas.dengan pembatasan ciri populasinya ini berarti penelitian sekaligus melakukan kontrol secara langsung kepada subjek yang diteliti dan populasinya relatif lebih himogen.
 
Sampel Penelitan
      Penelitian biasanya dilakukan terhadap sampel,yaitu sebagai populasi.subjek peneliti yang menjadi sampel seharusnya representatif populasinya.jika,tidak subjek pada populasi diteliti semua,culup diwakili oleh sebagai subjek
  Pengunaan sampel dalam penelitian eksperimen akan sangat membantu peneliti khususnya dalam prinsip efesiensi artinya dengan meneliti sedikit subjek hasilnya di harapka dapat digunakan untuk menggambarkan seluruh populasi karena itu syarat dalam pengambilan smapel ini adalah sampel yang representatip populasinya.

No comments:

Post a Comment