Monday, June 13, 2016

Tujuan Pembelajaran, Dalam Psikologi Pendidikan

Tujuan Pembelajaran, Dalam Psikologi Pendidikan
KAMI MENYEDIAKAN KUMPULAN PTBK DAN ADMINISTRASI BK MURAH 
HUBUNGI KAMI DI 081222940294

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar  Belakang Masalah
Setiap harinya pengetahuan-pengetahuan baru bermunculan dengan teori-teori yang terus dikembangkan, begitu pula dengan teori belajar, yang mulai dikembangkan sebelum abad 20 oleh plato, yang dikenal dengan teori disiplin mental, dimana dalam belajar mental seseorang harus dilatih sebelumnya.
Secara luas teori belajar selalu dikaitkan dengan ruang lingkup bidang psikologi, karena berbicara mengenai belajar kita akan mengkaji tentang sosok manusia dimana manusia memiliki akal untuk berfikir, berbeda dengan binatang yang hanya bisa berintuisi tetapi tidak bisa menggunakan otaknya untuk berpikir.
Psikologi sebagai suatu disiplin ilmu sangat dibutuhkan oleh dunia pendidikan, baik di institusi pendidikan formal (sekolah), informal (keluarga), maupun non formal (masyarakat). Pengetahuan tentang psikologi sangat diperlukan untuk memahami karakteristik kognitif, afektif, psikomotorik dan berbagai aspek psikologis lainnya yang berbeda antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lainnya secara integral.
Pemahaman aspek psikologis memiliki kontribusi yang sangat berarti dalam membelajarkan peserta didik sesuai dengan kebutuhan peserta didik, bagaimana pendidik dapat memahami lingkungan pembelajaran yang bukan hanya bersifat homogen tetapi juga bersifat heterogenitas dalam beberapa hal seperti banyaknya gejala-gejala gangguan psikologis yang ditunjukkan oleh peserta didik yang merupakan gejala atau aktivitas umum jiwa manusia (Abimanyu dan La Sulo, 1990:14), sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara optimal dan maksimal.
Berdasarkan hal tersebut, kami menyusun makalah dengan judul tujuan psikologi pendidikan. semoga dapat berguna bagi rekan-rekan insan akademis khususnya dan masyarakat umumnya untuk membuka pikiran dan menambah wawasan lebih banyak tentang psikologi dalam dunia pendidikan.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dipaparkan diatas, penulis mencoba menguraikanmasalah pokok yang berkaitan dengan materi dalam makalah ini yaitu apa tujuan pembelajaran psikologi pendidikan?
C.    Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, makalah ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui tujuan pembelajaran psikologi pendidikan

No comments:

Post a Comment